Membasmi Virus Tanpa Anti Virus

Banyak varian virus yang tersebar di seluruh dunia, antara lain virus autorun.inf, Amburadul.A, brontox.exe, Conficker.A, W32/Sality.AE, Sky, Yuyun.inf, Yuyun.txt, Yuyun.vbs.A, Yuyun.vbs.B, Yuyun.vbs.C, Yuyun.vbs.lnk. Beberapa varian baru muncul saat ini seperti Albim, Autorunme.G, Cuakep.G, Gambar, Serviks, Serviks.inf, Serviks.vbs, dan lain sebagainya.

PC atau laptop jika terinfeksi virus akan meningkatkan kerja processor hingga 80% sampai 95%, sehingga akan memperlambat kinerja PC atau Laptop tersebut. Kerja processor yang mencapai 100% akan membuat PC atau Laptop menjadi lambat atau Hang. Kerja processor normal antara 0% sampai dengan 55%.

Perkembangan virus ini sangat pesat sekali, bahkan hampir tiap hari muncul varian virus baru, sehingga walaupun PC atau laptop sudah ter-install antivirus terbaru, kalau tidak di-update secara berkala, maka virus-virus baru yang muncul tidak akan terdeteksi oleh anti virus.

Pada umumnya instalasi antivirus akan menyebabkan kinerja komputer menurun (tergantung berat/ringan antivirus), karena kerja antivirus akan memakan kapasitas memori komputer. Untuk PC atau laptop dengan spesifikasi tinggi hal ini tidak akan berpengaruh signifikan, tapi bagi PC atau laptop dengan spesifikasi minimum akan sangat berpengaruh.

Salah satu cara untuk mengatasi permasalahan ini adalah dengan “mengatasi virus tanpa antivirus”. Cara ini akan sangat berguna diterapkan pada PC atau laptop dengan spesifikasi minimum. Ada tiga cara alternatif yang dapat digunakan.

Pertama, membuat System Restore. Sesaat setelah menginstall windows dan beberapa program utama pada komputer, ada baiknya dibuat backup sistem komputer, dengan anggapan bahwa PC atau laptop belum terserang virus. PC atau laptop yang terserang virus dapat diatasi dengan mengembalikan sistem (system restore) sesuai dengan backup yang telah dibuat (belum terinfeksi virus).

Cara melakukan backup yaitu: klik tombol Start — All Programs — Accessories — System Tools — System Restore. Setelah itu pilih Create a restore point — Next. Setelah menuliskan nama pada kolom Restore point description, klik Create. System restore telah berhasil dibuat.

Cara untuk mengembalikan sistem yaitu: klik tombol Start — All Programs — Accessories — System Tools — System Restore. Kemudian pilih Restore my computer to an earlier time — Next. Pilih tanggal sesuai saat kita membuat system restore — Next. Kemudian pilih Next pada confirm Restore Point Selection. PC atau laptop akan restart.

Perlu diketahui apabila sistem restore telah dilakukan maka program yang terinstall pada komputer adalah sama dengan program yang terinstall saat terakhir dibuat backup system yaknik saat sistem masih belum terinfeksi virus.

Kedua, mematikan Autorun. Sebagian besar antivirus menyerang PC atau laptop dengan memanfaatkan fasilitas autorun. Cara untuk mematikan fasilitas autorun PC atau laptop: klik tombol Start — Run — ketikkan: gpedit.msc dan tekan tombol Enter. Kemudian pilih User Configuration — Administrative Templates — System — klik 2 kali Turn off Autoplay — pilih enabled — pada kolom Turn off Autoplay on pilih all drive — Apply — OK. Dengan cara ini, maka penyebaran virus melalui fasilitas autorun dapat diperkecil.

Ketiga, aktifkan super hidden. Virus dapat juga memanipulasi nama file yang ada di komputer maupun flashdisk. File yang seolah-olah adalah file yang dibutuhkan, ternyata setelah dieksekusi berisi virus sehinghga virus tersebut menyebar ke sistem komputer, sedangkan file aslinya disembunyikan (hidden). Oleh karena itu sebelum mengeksekusi file, terlebih dahulu harus dipastikan ada file yang masih terhidden atau tidak untuk membedakan antara file yang asli dengan file yang berisi virus

Cara untuk melihat seluruh data baik yang terhidden maupun yang tidak adalah dengan mengaktifkan showsuperhidden, yaitu dengan cara: klik tombol Start — Run — ketikkan: regedit — HKEY_CURRENT_USER — Software — Microsoft — Windows — CurrentVersion — Explorer — Advanced. Ganti nilai string ShowSuperHidden dengan nilai 1.

This entry was posted in Tips And Trick. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s